BUKU KERJA 2 (ADMINISTRASI GURU ASJ)
September 06, 2019KODE ETIK GURU INDONESIA
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDINESIA menyadari bahwa pendidikan adalah merupakan suatu bidang pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bangsa dan tanah air serta kemanusiaan pada umumnya dan guru Indonesia yang berjiwa Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 merasa turut bertanggung jawab atas terwujudnya cita-cita Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, maka guru Inonesia terpanggil untuk menunaikan karyanya sebagai guru mempedomani dasar-dasar sebagai berikut :- Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang ber-Pancasila
- Guru memiliki kejujuran profesional dalam menetapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing
- Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentamng anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan
- Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi lkepentiungan anak didik
- Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat di sekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan
- Guru secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangakn dan meningkatkan mutu profesinya
- Guru menciptakan dan memelihara hubungan antar sesama gur baik berdasarkan lingkungan kerja maupun di dalam hubungan keseluruhannya
- Guru secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi guru profesional sebagai sarana pengabdiannya
- Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan
IKRAR GURU
- Kami Guru Indonesia adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Kami Guru Indonesia adalah pengemban dan pelaksana cita-cita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada Undang-Undang Dasar 45
- Kami Guru Indonesia bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa
- Kami Guru Indonesia bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak kekeluargaan
- Kami Guru Indonesia menjunjung tinggi Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap bangsa, negara serta kemanusiaan
TATA TERTIB GURU
- Berkewajiban datang dan pulang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
- Berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang pancasila.
- Memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
- Mengadakan komunikasi tertutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
- Menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
- Memelihara hubungan baik dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
- Secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
- Menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru, baik berdasarkan lingkungan kerja, maupun dalam hubungan keseluruhan.
- Secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi guru profesional sebagai sarana pengabdian.
- Melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.
- Memberikan teladan dan menjaga nama baik lembaga dan profesi.
- Meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
- Memotivasi peserta didik dalam memanfaatkan waktu untuk belajar diluar jam sekolah.
- Memberikan keteladanan dalam meciptakan budaya membaca, budaya belajar dan budaya bersih.
- Bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu atau latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran.
- Mentaati tata tertib dan peraturan perundang-undangan, kode etik guru serta nilai-nilai agama dan etika.
- Berpakaian yang menutup aurat bagi yang beragama Islam dan sesuai norma sosial masyarakat/norma kepatuhan bagi yang beragama lain.
- Tidak merokok selama berada di lingkungan satuan pendidikan.
PEMBIASAAN
Pengembangan karakter peserta didik dapat
dilakukan dengan membiasakan perilaku positif tertentu dalam kehidupan
sehari-hari. Pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang
relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang
berulang-ulang, baik dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Hal
tersebut juga akan menghasilkan suatu kompetensi. Pengembangan karakter melalui
pembiasaan ini dapat dilakukan secara terjadwal atau tidak terjadwal baik di
dalam maupun di luar kelas. Kegiatan pembiasaan di sekolah terdiri atas
Kegiatan Rutin, Spontan, Terprogram dan Keteladanan.
1. Kegiatan Rutin
Kegiatan rutin adalah kegiatan yang dilakukan secara
reguler dan terus menerus di sekolah. Tujuannya untuk membiasakan siswa melakukan
sesuatu dengan baik.
Kegiatan pembiasaan yang termasuk kegiatan rutin adalah
sebagai berikut :
Ø
Berdoa sebelum memulai kegiatan
Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan peserta didik berdoa sebelum
memulia segala aktifitas. Kegiatan dilaksanakan setiap pagi secara terpusat
dari ruang informasi dimana pada setiap pagi dengan petugas yang terjadwal.
Ø
Hormat Bendera Merah Putih
Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan bangga
sebagai bangsa pada peserta didik. Bendera Merah Putih telah dipasang di masing
– masing kelas dan aba – aba dipimpin oleh petugas yang terjadwal.
Ø
Sholat Dhuhur Berjamaah
Ø
Berdoa di akhir pelajaran
Ø
Infaq Siswa
Ø
Kebersihan Kelas
2. Kegiatan Spontan
Kegiatan spontan adalah kegiatan yang dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh
waktu, tempat dan ruang. Hal ini bertujuan memberikan pendidikan secara
spontan, terutama dalam membiasakan bersikap sopan santun, dan sikap terpuji
lainnya. Contoh:
Ø
Membiasakan mengucapkan salam dan bersalaman kepada guru,
karyawan dan sesama siswa
Ø
Membiasakan bersikap sopan santun
Ø
Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
Ø
Membiasakan antre
Ø
Membiasakan menghargai pendapat orang lain
Ø
Membiasakan minta izin masuk/keluar kelas atau ruangan
Ø
Membiasakan menolong atau membantu orang lain
Ø
Membiasakan menyalurkan aspirasi melalui media yang ada
di sekolah, seperti Majalah Dinding dan Kotak Curhat BK.
Ø
Membiasakan konsultasi kepada guru pembimbing dan atau
guru lain sesuai kebutuhan.
3. Kegiatan
Terprogram
Kegiatan Terprogram ialah kegiatan yang dilaksanakan
secara bertahap disesuaikan dengan kalender pendidikan atau jadwal yang telah
ditetapkan. Membiasakan kegiatan ini artinya membiasakan siswa dan personil
sekolah aktif dalam melaksanakan kegiatan sekolah sesuai dengan kemampuan dan
bidang masing-masing.
Contoh
:
Ø Kegiatan Class Meeting
Ø Kegiatan memperingati hari-hari besar nasional
Ø
Kegiatan Karyawisata
Ø
Kegiatan Kemah Akhir Tahun Pelajaran (KATP)
Ø
Kegiatan rutin pembiasaan
Ø
Kegiatan ini dilakukan setiap hari sekolah sebelum
pembelajaran dimulai.Tujuannya adalah untuk membiasakan diri dan meningkatkan
kedisiplinan siswa. Kegiatan ini telah terjadwal sebagai berikut :
ü
Hari Senin (Upacara bendera)
ü
Hari Selasa ()
ü
Hari Rabu ()
ü
Hari
Kamis ()
ü
Hari
Jumat ()
4. Kegiatan
Keteladanan
Kegiatan
Keteladanan, yaitu kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari yang dapat
dijadikan contoh
Contoh:
Ø Membiasakan berpakaian rapi
Ø Mebiasakan datang tepat waktu
Ø Membiasakan berbahasa dengan baik
Ø Membiasakan rajin membaca
Ø Membiasakan bersikap ramah
Thn
|
Bln
|
HARI/TANGGAL
Kegiatan Pembelajaran
|
HK
|
||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
|||
2019
|
JUL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
HP
|
PLS
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
13
|
|||||
AGT
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
LN
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
|
23
|
||
SEP
|
LN
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
PTS
|
M
|
-
|
21
|
||||||||
OKT
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
23
|
||
NOV
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
LN
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
|
-
|
22
|
||
DES
|
M
|
PAS
|
M
|
PAS
|
M
|
|
|
|
|
R
|
S
|
M
|
LS
|
LS
|
LN
|
LS
|
LS
|
S
|
M
|
LS
|
LS
|
22
|
|||||||||||
JAN
|
|
0
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
JUMLAH SEMESTER 1
|
124
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2020
|
JAN
|
LN
|
LS
|
LS
|
LS
|
M
|
HP
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
LN
|
M
|
|
|
|
|
22
|
|
FEB
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
21
|
||
MAR
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
PTS
|
M
|
USBN
|
S
|
LN
|
UNBK
|
LN
|
UNBK
|
S
|
M
|
UNBK
|
24
|
|||||||||||||
APR
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
LN
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
|
|
|
LK
|
M
|
B
|
-
|
20
|
|||||||
MEI
|
LN
|
S
|
M
|
|
|
|
|
|
|
M
|
|
|
|
|
|
S
|
M
|
LK
|
LN
|
|
S
|
M
|
LK
|
LN
|
LK
|
M
|
21
|
||||||
JUN
|
LN
|
|
PAT
|
S
|
M
|
PAT
|
M
|
|
|
|
|
R
|
S
|
M
|
LS
|
LS
|
LS
|
LS
|
LS
|
S
|
M
|
LS
|
LS
|
-
|
18
|
||||||||
JUL
|
LS
|
LS
|
LS
|
LS
|
LS
|
S
|
M
|
LS
|
LS
|
LS
|
LS
|
LS
|
S
|
M
|
TP 2020 - 2021
|
10
|
|||||||||||||||||
JUMLAH SEMESTER 2
|
136
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
JUMLAH SELURUH
|
260
|
Thn
|
Bln
|
HK
|
JUMLAH HARI
|
HES
|
|||||
LN
|
S
|
M
|
LK
|
LS
|
JML
|
HR
|
|||
2019
|
JUL
|
13
|
0
|
2
|
2
|
0
|
0
|
4
|
10
|
AGT
|
23
|
1
|
4
|
4
|
0
|
0
|
10
|
23
|
|
SEP
|
21
|
1
|
4
|
5
|
0
|
0
|
11
|
21
|
|
OKT
|
23
|
0
|
4
|
4
|
0
|
0
|
8
|
23
|
|
NOV
|
22
|
1
|
4
|
4
|
0
|
0
|
9
|
22
|
|
DES
|
22
|
1
|
4
|
5
|
0
|
6
|
21
|
4
|
|
JAN
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
SEMESTER 1
|
124
|
4
|
22
|
24
|
0
|
6
|
63
|
103
|
|
2020
|
JAN
|
22
|
1
|
4
|
4
|
0
|
0
|
9
|
19
|
FEB
|
21
|
1
|
4
|
4
|
0
|
0
|
9
|
21
|
|
MAR
|
24
|
2
|
4
|
5
|
0
|
0
|
11
|
12
|
|
APR
|
20
|
1
|
4
|
4
|
3
|
0
|
11
|
15
|
|
MEI
|
21
|
2
|
4
|
4
|
3
|
0
|
13
|
12
|
|
JUN
|
18
|
1
|
4
|
4
|
0
|
7
|
25
|
5
|
|
JUL
|
10
|
0
|
2
|
2
|
0
|
10
|
14
|
0
|
|
SEMESTER 2
|
136
|
8
|
26
|
27
|
6
|
17
|
92
|
84
|
|
JUMLAH KESELURUHAN
|
260
|
12
|
48
|
51
|
6
|
23
|
155
|
187
|
PROGRAM TAHUNAN
Program
tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai
tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan.
Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam
kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.
Program
tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang
dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Program ini perlu
dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun ajaran, karena merupakan
pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti program semester,
program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok
bahasan, yang dalam KBK dikenal modul.
Dalam program
perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus
dicapai, disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan program
tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap
kompetensi dasar.
Program Keahlian : Teknik
Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik
Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran : Administrasi Infrastruktur
Jaringan
Kelas/ Semester : XI/ I - II
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Durasi : 216 X 45
Menit
Kompetensi Dasar
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Jumlah Tatap Muka
|
||||
Ganjil
|
3.1 Mengevaluasi
VLAN pada jaringan
|
4.1
Mengkonfigurasi VLAN
|
32 JP
|
||||
3.2 Mengevaluasi
permasalahan VLAN
|
4.2
Melakukan perbaikan konfigurasi VLAN
|
24 JP
|
|||||
3.3 Memahami
proses routing
|
4.3
Mengkaji jenis-jenis routing
|
32 JP
|
|
||||
3.4 Mengevaluasi
routing statis
|
4.4
Mengkonfigurasi routing statis
|
24 JP
|
|
||||
Jumlah
|
112 JP
|
||||||
Genap
|
|||||||
3.5 Menganalisis
permasalahan routing statis
|
4.5
Memperbaiki konfigurasi routing statis
|
24 JP
|
|||||
3.6 Mengevaluasi
routing dinamis
|
4.6
Mengkonfigurasi routing dinamis
|
48 JP
|
|||||
3.7 Mengevaluasi
permasalahan routing dinamis
|
4.7
Memperbaiki konfigurasi routing dinamis
|
32 JP
|
|||||
Jumlah
|
104 JP
|
||||||
Jumlah
|
216 JP
|
||||||