KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN
September 06, 2019
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Program Keahlian :
Teknik
Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian :
Teknik
Komputer dan Jaringan (C3)
Tujuan kurikulum mencakup
empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2)
sikapsosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek - aspek kompetensi
tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan
ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap social
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung - jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan , menganalisis , dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konsep tual,
operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Administrasi Infrastruktur
Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Administrasi Infrastruktur
Jaringan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standard kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan,gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
Mata Pelajaran: Administrasi
Infrastruktur Jaringan
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi
Dasar
|
Waktu
|
Unit
Kompetensi
|
Skema
Sertifikasi
|
3.1 Mengevaluasi
VLAN pada jaringan
|
4.1
Mengkonfigurasi VLAN
|
32 JP
|
||
3.2 Mengevaluasi
permasalahan VLAN
|
4.2
Melakukan perbaikan konfigurasi VLAN
|
24 JP
|
||
3.3 Memahami
proses routing
|
4.3
Mengkaji jenis-jenis routing
|
32 JP
|
||
3.4 Mengevaluasi
routing statis
|
4.4
Mengkonfigurasi routing statis
|
24 JP
|
||
3.5 Menganalisis
permasalahan routing statis
|
4.5
Memperbaiki konfigurasi routing statis
|
24 JP
|
||
3.6 Mengevaluasi
routing dinamis
|
4.6
Mengkonfigurasi routing dinamis
|
48 JP
|
||
3.7 Mengevaluasi
permasalahan routing dinamis
|
4.7
Memperbaiki konfigurasi routing dinamis
|
32 JP
|
||
Total
|
216 JP
|